Navigation List

Rabu, 20 Januari 2016

Uyo Nessia

7 Pertanyaan Umum Wawancara Kerja

akerlampung.com - Artikel kali ini adalah lanjutan dari yang kemarin..dan pastikan Anda sudah membacanya dan itu wajib dipelajari lohhhh..serta diterapkan agar sukses lolos wawancara kerja.. yaps bagi yang belum baca silahkan Klik Disini 

Interview kerja berarti mewawancarai calon pekerja..termasuk dengan cara mengajukan pertanyaan,,nahh kira-kira pertanyaan apa yaa... yang sering muncul dan umum pada saat wawancara kerja..yuk simak ...



1.    Ceritakan mengenai diri Anda ?!

    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa wawancara kerja sejatinya adalah “menjual diri” kepada perusahaan tempat kita melamar. Jadi untuk menjawab pertanyaan ini ceritakan saja tentang diri anda yang sebenarnya,jujur dan terbuka. Termasuk anda yang sudh pernah bekerja berceritalah tentang prestasi dalam pekerjaan sebelumnya. Lalu bagaimana bagi yang masih fresh graduate..certikan keseharian anda dengan terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang banyak hal. Dengan begitu pewawancara akan merasa bahwa anda yang fresh graduate memiliki semangat belajar yang tinggi.

2.    Mengapa anda ingin Bekerja di Perusahaan ini ?

Yuppzz,,pada artikel kemarin sudah saya jelaskan bahwa anda harus mengetahui profil perusahaan. Sebisa mungkin harus anda jelaskan. Mengenai cara mendapatkan informasinya bisa dari internet dan dari orang atau karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

3.    Mengapa Anda memilih Posisi Ini ?

   Untuk menjawabnya anda harus tahu deskripsi pekerjaan dari jabatan atau posisi yang Anda pilih.

4.    Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya ?

   Nahhhh,,,untuk menjawab pertanyaan ini harus dengan sangat hati-hati, ini termasuk dalam pertanyaan jebakan lohh..
    Jawablah dengan santai dan tetap tersenyum. Jangan sekalipun membahas atasan dan rekan kerja yang buruk. Kemukakan hal positif yang membuat Anda meninggalkan pekerjaan, misalnya karir yang lebih baik, pekerjaan yang sesuai bidang, mencoba hal baru dan merasa tertantang, dan lain-lain.

5.   Apa keahlian yang Anda miliki sehingga perusahaan kami harus menerima Anda ? 

   Kemukakan dengan gamblang mengenai keahlian hard skill dan soft skill anda..apa itu Hard Skill dan Soft Skill,,yukk simak Disini

6.  Apa yang akan Anda berikan kepada perusahan untuk satu tahun kedepan jika kami menerima Anda ?

   Kemukakanlah kekuatan Anda untuk tetap bersemangat bekerja dan memberikan kontribusi terbaik dan mengoreksi kesalahan serta terus memperbaikinya, sehingg Visi perusahaan dapat terwujud. Jangan kemukakan bahwa Anda akan membuka Usaha. Ini sangatttt fatal.

7.    Berapa Gaji yang Anda inginkan ?

   Banyak sekali yang terjebak dengan pertanyaan ini. Jika Anda meminta terlalu mahal maka perusahaan akan berfikir ulang untuk menerima Anda. Jika Anda meminta terlalu Rendah perusahaan meragukan hard skill dan soft skill yang Anda miliki, yang telah Anda kemukaan sebelumnya.
    Nahh lhoo,,lalu bagaimana menjawabnya agar kita tidak terjebak...???

   Yuppzzz..  Tidak ada salahnya jikaAnda menanyakan kepada Pewawancara mengenai rentang gaji pada posisi yang Anda lamar di Perusahaan tersebut. Dengan begitu Anda bisa melakukan negosiasi.


   Pilihan lainnya Anda harus mencari tahu tentang gaji pada posisi yang anda lamar, tentunya sebelum wawancara.

   Sebenarnya masih banyak pertanyaan seputar wawancara kerja. Namun secara umum adalah seperti yang saya jelaskan di Atas. Semoga bermanfaat..

Uyo Nessia

About Uyo Nessia -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :