Navigation List

Rabu, 13 Januari 2016

Uyo Nessia

Sukses Berkarir Dengan Soft Skill

Hard Skill (Keahlian Teknis dan akademis) Memang sangat Penting Untuk Meraih Sebuah Pekerjaan. Tetapi jika tidak diimbangi dengan Soft Skill yang bagus karier kita akan tetap begitu-begitu saja meski berpuluh-puluh tahun bekerja.

Sehingga keduanya tidak bisa dipisahkan bahkan mungkin semuanya setuju jika soft skill merupakan kunci utama untuk sukses berkarir. Dalam kenyataannya Hard skill dapat dipelajari karena kita memang diberikan kemampuan untuk mempelajari hal-hal tersebut. Tetapi soft Skiil saya berfikir sulit dipelajari bahkan softsklii harus dipelajari sepanjang berkarier. Baik untuk usaha anda atau anda sebagai karyawan perusahaan.


Apakah SoftSkill dan Hard Skill itu ??


Soft Skill adalah kemampuan seseorang dalam mengenali diri sendiri ( Bertanggung jawab,percaya diri, mampu bersosialisasi, jujur, tahan tekanan, etika kerja, dan mempunyai integritas. Soft Skill juga mencakup kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain, seperti kepemimpinan, negosiasi, mamapu bekerja dalam tim, mau berbagi ilmu, dan sebagainya.

Sedangkan Hard Skill adalah kemampuan teknis dan akademis yang dimiliki oleh seseorang. secara mendasar Hard Skill dapat dipelajari dan memang dipelajari dalam dunia akademis atau pendidikan. Contoh dalam dalam dunia kerja adalah kemampuan ahli permesinan, ahli teori pemasaran, perhitungan akuntansi biaya perusahaan.

Namun semua keahlian itu harus dijalankan sinergi dengan Soft Skill yang baik. Jika anda ahli dalam teori dan strategi pemasaran namun anda tidak memiliki kemampuan public Relation dan negosiasi tentu sangat sulit anda untuk mendapatkan pembeli. Contoh lain seseorang yang ahli dalam kesehatan tetapi bagaimana jika cara pelayanan dan sikapnya tidak baik terhadap pasiennya. Tentunya anda tahu resiko dan dampaknya bukan ??

Jadi Dalam hal ini Hard Skill adalah teori dan kemampuan sedangkan soft skiil adalah sikap dalam menjalankan kemampuan tersebut.
Sadarilah betapa pentingnya soft Skill untuk karier bahkan untuk kehidupan anda.
Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kemampuan Soft Skill

1.       Membaca Buku Pengembangan Diri.
2.       Mengikuti Pelatihan Soft Skill
Banyak Lembaga Pelatihan Soft Skill di Indonesia yang menyediakan modul pelatihan Sost Sklii. Dalam pelatihan tersebut secara sederhana bisa dipahami sebagai pelatihan pngembangan dan perubahan sikap.

3.       Aktif Berorganisasi
Organisasi adalah wadah untuk mengimplementasikan soft Skill yang sebenarnya. Tentu maksud saya adalah organisasi yang baik. Misalnya dalam dunia Kampus ada BEM, UKM,KAMMI, dan lain-lain.

Melalui organisasi itulah kita akan banyak belajar tetang cara berhubungan baik dengan orang lain, membentuk kerja tim, menjadi pemimpin, menghadapi tekanan, berdiskusi, debat, berkompetisi secara sehat, berbagi ilmu, yang kesemuanya itu adalah kemampuan Soft Skill.

4.       Kemauan Yang Kuat
Tidak ada manusia yang sempurna . kita harus selalu berusaha memperbaiki kualitas diri dan kemampuan Soft Skill. Hanya dengan kemampuan yang kuat satu-satunya kunci untuk merubah menjadi lebih baik.



‘Semoga Bermanfaat”

Uyo Nessia

About Uyo Nessia -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar