Navigation List

Rabu, 31 Agustus 2016

Uyo Nessia

TIPS Ampuh Menulis Surat Lamaran Kerja


Menulis surat lamaran kerja bukanlah hal yang sulit tetapi juga tidak mudah. Buktinya tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara menulis surat lamaran kerja dengan baik. Surat lamaran kerja yang berbelit-belit dapat membuat staf HRD bosan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikanlah beberapa hal berikut ini :


·         Jangan menulis ulang
Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan mengenai pencapaian dan beberapa hal yang ada dalam daftar riwayat hidup. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan daftar riwayat hidup. Coba rangkum pencapaian dan data Anda dengan singkat dan menggunakan kata-kata menarik
·         Paragraf Pertama dan Terakhir
Perhatikanlah paragraf pertama dan terkahir, pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf terakhir harus menunjukan ketegasan dan meminta pihak perusahaan menghubungi Anda jika berkenan.
·     Bicarakan Perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran kerja, lakukanlah penelitian tentang perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika Anda mengetahui banyak hal tentang mereka, namun jangan berbusa-busa. Tetap jelas dan tunjukan bagaimana perusahaan tersebut membuat Anda terkesan dan dibidang apa Anda bisa berguna untuk mereka.

·    Jangan sebutkan semua kemampuan
Jangan menyebutkan kemampuan terlalu banyak di dalam surat lamaran kerja. Sebutkan tiga saja kemampuan serta pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Tunjukan kepribadian

Gunakanlah kalimat yang aktif dan menunjukan betapa antusiasnya Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

·     Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja
Kecuali apabila Anda menggunakan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau secara online. Menandatangi surat lamaran pekerjaan akan menunjukan keaslian surat lamaran kerja Anda.

·         Presentasi Surat
Meski isinya sangatlah menarik, namun jika surat lamaran kerja Anda kotor, jelek, penuh dengan typo dan salah ketik, maka nilai surat lamaran Anda akan berkurang. Untuk itu sebelum Anda mengirimkannya pastikan bahwa semuanya sudah baik.

·         Hari Senin

Kirim Surat lamaran kerja dihari senin lebih memungkinkan untuk sukses dan masuk ketahap selanjutnya. Sementara hari yang paling buruk untuk melamar kerja adalah hari sabtu.

Uyo Nessia

About Uyo Nessia -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :