Navigation List

Rabu, 31 Agustus 2016

Uyo Nessia

Enam kesalahan dalam wawancara kerja

Wawancara kerja adalah tahapan yang paling penting dalam mencari pekerjaan. Setiap pelamar pasti menantikan wawancara kerja ada yang takut adapula yang biasa saja karena sudah pengalaman. Faktanya banyak yang gagal dalam tahap ini.

Tentu banyak faktor yang membuat pelamar tidak lolos wawancara kerja. Dari beberapa faktor yang dapat dijelaskan, ada enam hal kesalahan yang dapat menyebabkan gagal wawancara kerja. Keenam hal tersebut tentu harus dihindari agar kita sukses melewati tahap ini.


1. Panik dan Terbata-bata
kepanikan dan terbata-bata dalam menjawab pertanyaan, menandakan bahwa Anda tidak serius dan tidak antusias dalam mengikuti wawancara kerja. Kepanikan dan terbata-bata timbul karena tidak ada persiapan untuk menghadapi dan timbul karena ketidakjujuran dalam menjawab pertanyaan serta tidak percaya diri. Jika yang Anda ungkapkan adalah kejujuran, serta dengan sikap yang penuh percaya diri.  pasti akan mudah mengutarakannya.

2. Topik Sensitif
Terkadang pewawancara melakukan obrolan-obrolan santai agar tidak terlalu kaku. Dalam keadaaan seperti ini, hidarilah topik-topik yang sensitif seperti politik dan SARA.

3. Bergosip
Hobi bergosip bisa menjadikan pelamar ditolak oleh perusahaan. Jadi jangan pernah mengajak pewawancara Anda untuk bergosip.

4. Sok Tahu
jika saat wawancara kerja Anda terkesan sok tahu, yaitu tidak mendengarkan orang lain, jangan harap Anda bisa diterima. Pada umumnya perusahaan menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam sebuah tim, bukan orang yang sok tahu sehingga terkesan individualis.

5. Tidak Mengenali Perusahaan
Melamar pekerjaan tidak berbeda dengan melamar pasangan hidup. Ketika seseorang melamar pasangan hidup tentu dia sudah tahu seluk beluk calon pasangannya tersebut. Begitupun melamar perusahaan, Anda harus mengetahui seluk beluk perusahaan yang Anda lamar.

6. Salah dalam Negosiasi Gaji
Anda bekerja mengharapkan gaji, bukan ? karena itu mintalah gaji yang sesuai dengan diri Anda dan kemampuan perusahaan yang Anda lamar. Risetlah terlebih dahulu gaji pada posisi yang Anda pilih. Jangan terkesan jual mahal dan terkesan murahan.

yapp...begitulah kira-kira ya sobat..semoga bermanfaat..

Uyo Nessia

About Uyo Nessia -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :